Minggu, 26 Februari 2012

Badan Usaha Milik Sendiri


Membuat sebuah usaha itu sebenarnya tidak susah jika memang kita memiliki niat dan kreatifitas maka usaha sekecil apapun itu dapat berkembang secara perlahan sesuai dengan keinginan kita. Sama halnya dengan usaha kue kering, salah satu usaha rumahan ini bisa memberikan kita keuntungan yang lumayan 'memuaskan' jika kita dapat memproduksi sebaik dan sekreatif mungkin. Kue kering yang juga sering disebut cookies berasal dari kata koekie yang artinya small cake. Bahan dan cara pembuatan kue kering memang tidak jauh berbeda dengan cara membuat cake. Meskipun begitu, di Indonesia sebutan cookies malah menjadi kue kering karena rasanya yg memang renyah dan kering. Bukan hanya cokelat, kue kering juga dapat kita jadikan sebagai hadiah di hari valentine, dengan menghias permukaannya sedemikian rupa, maka kue kering ini tidak kalah menariknya dengan cokelat-cokelat pada umumnya. 

DASAR PEMIKIRAN 

Kue adalah hal yang sangat mudah ditemukan dan mudah dalam proses pembuatannya. Namun beberapa orang di Indonesia, khusunya wanita-wanita karir tidak memiliki waktu yang cukup untuk membuat kue kering di berbagai acara/hari-hari besar yang rasanya kurang afdol jika tidak hadirnya kering tersebut seperti hari raya lebaran, hari natal, imlek, dan hari-hari besar lainnya, sehingga sebagian dari mereka memilih untuk membeli kue kering di toko-toko kue. 

TUJUAN KEGIATAN 

Pada zaman sekarang ini amatlah susah untuk mendapatkan lapangan pekerjaan dalam memperoleh penghasilan. Untuk mengantisipasi tenaga-tenaga menganggur, kita dapat membangun sebuah usaha kecil dan sederhana namun sangat bermanfaat untuk mempekerjakan masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan sehingga mereka dapat memperoleh penghasilan. 

TEMA KEGIATAN 

Usaha ini dapat divariasikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat, seperti pada hari lebaran, hari natal, dan hari-hari besar lainnya. Maka kami memilih untuk menjadikan usaha pembuatan kue kering ini menjadi usaha kami. 

JENIS KEGIATAN

 Pada dasarnya jenis kegiatan yang direncanakan ini adalah jenis kegiatan pembuatan dan penjualan/pemasaran kue-kue kering yang dikelola secara pribadi dan akan diproduksi sendiri dalam usaha industri rumah tangga. Dalam pembuatannya, kue-kue kering ini dapat dikemas semenarik mungkin dan mencantumkan masa kadaluwarsanya. 

SASARAN/PESERTA KEGIATAN 

Seperti yang telah disampaikan pada penjelasan sebelumnya bahwa kegiatan ini sangat diperuntukkan untuk menyerap tenaga kerja yang menganggur sehingga usia produktif dapat lebih dimanfaatkan secara optimal. 

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN 

Waktu : Pelaksanaan pembuatan kue-kue kering ini direncanakan dimulai dari hari senin hingga sabtu dimulai pukul 08.30 hingga pukul 16.00. Demikian pula waktu untuk pemasaran/penjualannya dimulai dari hari senin hingga sabtu mulai pukul 08.30 hingga 20.00, dengan menggunakan sistem pergantian jam kerja bagi karyawan-karyawan. 
Tempat pelaksanaan : Tempat kegiatan direncanakan memilih tempat di Citra Sudiang Indah Y4/6. 

ANGGARAN DANA 
Sumber awal yang digunakan sebanyak Rp 25.000.000,- Dana tersebut diusahakan dapat memperoleh keuntungan 30% dalam jangka waktu yang sudah ditentukan sekitar 6 bulan. Keuntungan tersebut diperuntukkan untuk pengembalian angsuran pinjaman, upah karyawan, dan cadangan modal. Dan jika usaha ini lancar, maka ada banyak peluang untuk mengembangkan dan memasarkan usaha kue kering ini diluar kota serta membuka beberapa cabang di Makassar.

Contoh kue yang kami pasarkan.

http://ayumasterpiece.blogspot.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar